Selasa, 12 April 2011

Jelang SEA Games 2011 Pelebaran Jalan Dihentikan, Akses Sea Games Terancam

Arpan Rachman - Okezone
Foto: kemenpora.go.id (Ist)
Foto: kemenpora.go.id (Ist)
PALEMBANG - Dua kontraktor, rekanan Dinas Pekerjaan Umum Sumatra Selatan, berencana menghentikan kontrak pelebaran Jalan Kolonel Haji Burlian yang sedang mereka kerjakan. Dua kontraktor itu, yakni PT Mekar Jaya dan PT Dwi Perkasa Mandiri.

"Sampai saat ini kemajuan pekerjaan pelebaran jalan sepanjang 5 kilometer masih di bawah 5 persen padahal menurut rencana seharusnya 15 persen.

"Selisih minus 10 persen itu membuat kontraktor berencana membatalkan kontrak pekerjaan," ucap Aidil Fiqri, Kepala Satuan Non Vertikal Jalan dan Jembatan Palembang pada Dinas PU Sumsel, kepada wartawan di Palembang, Selasa (12/4/2011).

Pantauan sumber di lapangan mengungkapkan ternyata gangguan proyek jalan itu disebabkan persoalan jaringan utilitas. Utilitas berupa pipa gas sudah dipindahkan, namun pipa PDAM belum.

Di samping itu ada pula masalah pengerjaan pemindahan utilitas sepanjang 100 meter di radius seberang RS Ernaldi Bahar di Kilometer Enam, Palembang. Pemindahan semestinya harus dua sisi, kiri-kanan jalan, tapi baru dipindahkan yang sebelah kanan saja.

Akibat dari persoalan utilitas itulah, pihak kontraktor mengaku tidak bisa bekerja mengeraskan jalan yang merupakan ruas jalan akses utama dari Bandara Sultan Mahmud Bad
ruddin II ke pusat Kota Pempek ini. Proyek pelebaran Jalan Kolonel Haji Burlian adalah rangkaian kegiatan pembangunan menyambut digelarnya SEA Games XXVI Jakarta-Palembang 2011.(acf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar